Tanggung Jawab dan Job Desk Arsitek yang Perlu Diketahui

Ketentuan : Desain ini adalah hak cipta dari Tukangprofesional.id. Jika menggunakan gambar ini untuk konten sosial media, blog, website dan lain-lain, diharapkan mencantumkan link ke situs kami, Terimakasih.

 

Dalam beberapa pembahasan sebelumnya diketahui bahwa arsitek merupakan pekerjaan yang terkait dalam bidang jasa. Dimana didalamnya terdapat tanggung jawab untuk mengurus segala macam permasalahan yang terkait dengan perencanaan sebuah pembangunan. 

Jobdesk arsitek cukup beragam dan berkaitan dengan tanggung jawab moral terhadap produk yang akan dihasilkan. Ini merupakan sebuah tanggung jawab besar dan menjadi tantangan seorang arsitek. 

Keahlian yang Dimiliki Seorang Arsitek 

Arsitek merupakan pekerjaan yang berkaitan erat dengan kreativitas dalam hal seni yang bersertifikat. Tanpa adanya sertifikat dan kreativitas seorang arsitek akan tetap kesulitan menjadi pekerjaan sekalipun mereka telah lulus pendidikan arsitektur. 

Tidak hanya berpusat pada kreativitas seorang arsitek juga memiliki  keunggulan dan kehebatan lain yang seperti pandai membuat serta merancang bangunan. Selain itu, seorang arsitek juga memiliki keahlian seperti: 

  1. Dapat menerjemahkan kemauan atau keinginan dari klien untuk membnagun sebuah bangunan sesuai dengan impian klien.
  2. Dapat memadukan serta menggabungkan kreativitas dan seni dengan perhitungan konstruksi bangunan. 
  3. Memiliki kontribusi terhadap budaya yang ditorehkan pada setiap karya yang ia buat. 
  4. Membantu membangung sebuah komunitas atau masyarakat dengan melayani berbagai program yang berikatan dengan development. 

 Jobdesk Seorang Arsitek 

Dalam buku yang berjudul Memahami Berbagai Etika Profesi dan Pekerjaan karya Ismantoro Dwi Yuwono, seorang arsitek harus dapat memadukan serta menggabungkan antara seni, kreativitas dan ketetapan perhitungan ketika akan membangun atau mencitakan kontruksi bangunah. Adapun tugas-tugas utama dari seorang Arsitek adalah sebagai berikut :

  • Mendiskusikan terkait tujuan, persyaratan serta anggaran sebuah proyek yang akan dikerjakan. 
  • Mengolah konsep desain interior maupun eksterior dalam sebuah bangunan. 
  • Membuat rancangan desain sesuai yang diinginkan oleh klien. 
  • Menyiapkan rancangan gambar untuk dapat dipahami klien. 
  • Mengembangkan planing kontrusi akhir yang dapat menunjuukan tampilan bangungan serta rindia  untuk kontruksi.
  • Membuat perubahan yang mungkin diperlukan selama proses perancangan. 
  • Memberikan layanan pra konstruksi yang bisa mencakup studi kelayakan serta dampak terhadap lingkungan. 
  • Menata letak bangunan- bangunan yang telah memiliki keterkaitan fungsi dalam sebuah site dan mendesain site tersebut.
  • Mengolah tata ruang sebuah bangunan secara rinci dan detail tanpa harus mengurangi fungsi dari ruang tersebut. 
  • Mengolah suatu bentuk dari luar bangunan sehingga tampak dilihat mata terlihat estetika.
  • Membuat denah untuk tata letak instalasi sebuah bangunan agar terlihat ringkas dan rapi di sebuah ruangan. 
  • Mampu menentukan jenis dan letak struktur bangunan agar setiap hasil pembangunannya tidak ada yang sia-sia.
  • Mampu menentukan letak instalasi dari semua sambungan pipa air dan mampu memilih setiap sirkulasi udara di setiap ruangan bangunan.
  • Mampu menentukan letak-letak suatu alat transportasi dalam denah bangunan agar setiap ruangan selalu berfungsi lebih baik.
  • Mampu menghitung semua dari total anggaran biaya awal dari pembangunan sampai bangunan siap jadi.
  • Mampu menentukan bahan-bahan untuk bangunan dan mampu mengidentifikasi material yang tepat untuk setiap bangunan yang akan dibuat.  

Ketika tahap desain ini selesai, arsitek akan melakukan tugas selanjutnya yaitu menjadi pengawas ketika proyek telah berlangsung. Jika dalam proses pembangunan terjadi masalah yang tak terduga maka tugas arsitek adalah mengganti rancangan atau rencana setelah sebelumnya melakukan komunikasi dengan klien. 

Seorang arsitek harus selalu berupaya dan memastikan bangunan yang tengah dikerjakan oleh pihak konstruksi berjalan dengan baik. Dalam hal ini mencakup nilai fungsional, keamanan dan nilai ekonomi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh klien. 

Seorang Arsitek akan berupaya secara maksimal dalam proses penataan bangunan, dengan menggunakan pedoman-pedoman dalam perancangan arsitektur. Tujuan dari pemenuhan utama arsitektur seperti :

  • Pemenuhan aspek fungsi atau kegunaan bangunan

Mampu memiliki semua aspek fungsi dalam suatu rancangan bangunan agar tidak ada bagian yang sia-sia.

  • Pemenuhan aspek struktur atau kekuatan bangunan

Mampu memenuhi aspek struktur dan kekuatan pondasi bangunannya agar bangunan dapat bertahan kuat dalam jangka waktu yang sangat lama.

  • Pemenuhan aspek keindahan Bangunan

Mampu menjadikan suatu hasil bangunan menjadi objek yang dilihat dari visual mata tampak estetika dan bernilai tinggi.

Jenjang Pendidikan Seorang Arsitek

Tak jauh beda dengan profesi lainnya, seorang arsitek harus menempuh pendidikan S1 dengan jurusan Teknik Arsitektur. Setelah itu mereka harus melewati masa magang serta mendaftra sebagai anggota Ikatan Arsitek Indonesia atau IAI dan menakjubkan program magang disana

Setelah dinyatakan lulus dari program magang, secara resmi calon arsitek telah menyandang gelar sebagai arsitek muda serta berhak melakukan praktik arsitek. 

Untuk kisaran gaji arsitek sendiri tergantung pengamalan serta jam terbang dari yang bersangkutan. Untuk fresh graduate biasanya akan menerima gaji setara dengan UMR atau sekitar 4 hingga 5 juta rupiah. 

Sedangkan untuk pengalaman kerja minimal dua tahun akan mendapatkan gaji sekitar 8 jutaan rupiah. Gaji ini tergantung pada proyek, pengalaman serta portofolio yang disertakan. Bahkan gaji arsitek bisa tembus hingga ratusan bahkan milyaran rupiah jika telah memiliki nama besar dan pengalaman yang banyak. 

Demikian pembahasan seputar job desk arsitek serta beberapa pembahasan penyertanya. Semoga bisa memberi wawasan baru untuk calon arsitek yang saat ini sedang menempuh pendidikan. Terimakasih sudah membaca artikel ini, sukses selalu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *